Saturday, November 3, 2007

My Weekend Project's

Weekend ini ceritanya mo bikin 2 PR.
  1. Mengulang bikin Tiramisu yang 'gagal' waktu pertama kali pas bulan puasa (rasanya tlalu manis dan ga ada rasa ataupun kecium bau kopi-nya. byeek).
  2. Bikin puding ter-favorit saya dari waktu saya kecil dulu, Puding Busa Jeruk.
Khusus si puding ada memory tersendiri. Ceritanya dulu waktu saya kecil suka diajak ke acara-acara saudara yang boleh dibilang termasuk 'wealthy', rumahnya di HOS Cokroaminoto Menteng dan geduee skali (kalau saya bilang dulu "rumah gedongan" :P). Jamuan yang dihidangkan bener-bener kelas satu punya deh.

Jaman makanan jepang blum terlalu ngetop seperti sekarang (dulu yang kita makan Yakiniku) udah dihidangkan, nasi goreng ala hotel, masakan Italy..ada juga (Catering-nya top punya!) plus Tart coklat 'Pattiserrie Francais' yang sampai sekarang jadi langganan keluarga (woow it's been almost half of my life kali ya langganannya?), karena menurutku it's the best chocolate tart I've ever taste. Coklat-nya pass dan bau-nya juga hmm wangi coklat banget but rasanya tidak 'magh-tegh' alias tidak bikin 'eneg'.

Naah..sampai saya menemukan dessert favorit saya: Puding! Tapi sewaktu disajikan, kok ada dua macam? yang satu coklat yang satu warnanya kuning. Ternyata setelah saya coba oohh yang satunya puding jeruk tooh!! Waah saya suka banget karena sesuatu yang lain..rasanya seger! Ditambah dengan vla-nya yang rhum bangeet (saya suka yang rhum-nya aga-aga 'tercium' but not too much). Dan pudingnya itu..nyesss.. kalo dimakan. Yang baru belakangan saya tahu kalau itu namanya 'puding busa'.

Akhirnya, tanya sana sini ama tante yang jago bikin kue, coba-coba bikin sendiri di rumah..baru tahu ternyata pakai putih telor makanya bisa kayak busa gituh. Karena saya bener-bener penasaran 'gimana rasanya bisa sama kayak yang saya makan di rumah Oma saya' dan tekstur-nya bisa 'nyess' kayak begitu, saya jadi 'kecanduan' bikin puding. Modal nekad uji coba tnyata udah terpupuk dari saya kecil dulu alhasil sering bikin tapi sering juga gagal hehe. Yang agar-agarnya tidak menyatu dengan putih telur-lah, rasanya terlalu asem (kebanyakan kasi sirup jeruk-nya), dan sebagainya..

Sampai saya bener-bener nemuin takaran yang 'pas'..akhirnyaaaa..Wah seneng juga bisa kesampean makan puding busa jeruk tanpa harus menunggu ke rumah Oma. :P

Tapi beranjak dewasa, ga tau kenapa urusan membuat Puding Favorit, jadi terlupakan.. mungkin karena resep-nya juga udah hilang, jadi saya juga males uji coba lagi kayak dulu (I'm very bad at reminding recipes). Sekarang berhubung udah berkeluarga, pengen juga 'mengenalkan' puding favorit saya ke hubby dan anak, sambil mengingat-ingat betapa kocaknya saya dulu bener-bener penasaran ama puding itu.

Untungnya hasil browsing blog-blog bunda yang udah Pro, ada yang nyimpen resep Puding Busa Jeruk..Ahha!! Langsung deh berjanji ke diri sendiri untuk bikin weekend ini :). Thank you for Mbak Dewi at Kitchen Craft for bringing back my old memories..dan memberikan resep yang takarannya bener-bener pass! Tapi aku modified resepnya ga papa ya :D

Nyum nyum nyum...Nyesss..

No comments: