Sunday, May 4, 2008

Seven Oh Heaven - Behind The Scene


Pernah terpikir gak kalau lihat foto-foto yang indah di blog makanan, itu ngambilnya bagaimana, dan 'keadaan' setting studio, atau sekitarnya seperti apa? Well, I do! always curious about it actually! Secara, apa yang saya miliki terbatas..ya mulai dari kamera yang masih digital biasa banget, rumah dgn kondisi pencahayaan terbatas, tidak punya lampu, dan sederet alasan lainnya.. Tapi itu yang menjadi motifasi saya untuk ikutan berkarya tanpa memikirkan batasan-batasan tersebut.

Memang saya masih baru banget dalam hal food blogging dan foto memfoto, tapi gara-gara blog-blog dengan foto makanan indah yang meng-inspirasi banget, membuat diri ini tergerak untuk coba-coba belajar 'home food photography'. Soal skil, duh masih basic banget deh, blum kepikiran untuk nata ato styling setting-nya gimana-gimana. Karena menurut saya, belajar itu bertahap..jadi satu dulu bisa di mantapkan (walopun ga ngerti yang di mantapkan itu apa yaa? hehe) lalu berlanjut ke step berikutnya.


Nah, salah satu blog yg saya senangiin banget skarang ini blognya Dita Kuwait (maksudnya tinggal di Kuwait bukan namanya Dita Kuwait hehe)..her photograph.. ohh kadang bikin mulut ini gak henti-hentinya decak kagum.. dan yang bikin penasaran saya kembali adalah, seperti apa sih 'studio'nya Dita ini?..Ternyata jawabannya ada loh! Saya klik ke flickr-nya eh ternyata ada foto-foto yang bercerita tentang behind the scene-nya! Iiih seneng banget, akhirnya my curiosity terjawab satu. Dari ceritanya yang dengan kapasitas se-adanya (dengan bantuan alumunium foil pula hehe) ternyata bisa menghasilkan foto-foto yang menurut saya luar biasa bangett! Mulai dari setting, color, de es be.. ahh pokoknya pengen banget deh suatu saat bisa kayak gitu!

Eh kok bisa kebetulan sih, ada kontes 'Behind The Scene Sesi Fotografi' untuk food yang kita bikin. Saya jadi makin tergerak untuk ikutan (walopun last minute, ampuuuun Dit :D), sekalian bener-bener ga sabar untuk liat hasil round up temen-temen lain gimana pertempuran-nya di 'blakang layar' dan bisa menghasilkan foto-foto yang amazing.

Berhubung Anniversary, sekalian bikin Tiramisu kesukaan hubby.. jadi deh pengen ceklak ceklik si Tiramisu utk di ikutkan event ini. Lha kok ternyata mandeg ya, ga ada ide? Tiba-tiba gak jauh dari 'studio' saya lihat banyak daun-daun berserakan, jadilah di ambil ceritanya sebagai background atau pemanis lah paling tidak.

Thank God banget ada Camera Digital ya sekarang ini, jadi bisa main jeprat jepret semaunya sampai kira-kira di temukan hasil yang benar-benar diinginkan. Belum lagi, perubahan satu angle aja bisa bikin hasil yang berbeda. Saya semakin 'jatuh cinta' untuk lebih eksplorasi lagi dengan fotografi. Dan yang bikin saya makin cinta, karena dengan begini, saya makin mengenali kamera digital saya sendiri..dan ternyata walopun modelnya udah ketinggalan jaman (tidak tipis kayak model-model sekarang)..tapi hasilnya bisa dibilang ok-lah untuk model kamera kayak gitu hehe..

Naah, sudah lihat kan foto-foto tadi yang diatas? Penasaran studio-nya seperti apa? Pasti model putiiihh bersihhh, kertas gede sbagai background yang bisa di gulung dan diganti-ganti, serta lampu dari kanan kiri dengan soft box? Hehe..silakan dilihat:

Studio putihnya?
yaaa ini... sebuah kursi lipat murmer di beli di ACE Hardware,
beberapa tahun yang lalu.

Tata Cahayanya??
...Lhaa ituu.. cahaya dari pager depan,
yang kalo sore malah sinarnya adem en pas!

Studio-nya pasti aman dan sepi?
Tergantung.. Kayak gini tiba-tiba si kecilku nimbrung..
yaa tapi gak ngaruh, karena yang di 'foto' kan sangat close up, jadi gangguan-gangguan bisa dikesampingkan..
Hehehe ^_^

Salah satu pembelajaran lagi untuk saya adalah..do not under estimate of your camera kalau memang masih kamera digital biasa dan jangan terpaku akan keadaan yang terbatas. Walopun memang, foto saya masih biasa-biasa saja (masi jauuuhhh deh)..paling tidak saya senang dengan keterbatasan yang ada, tidak menutup saya untuk berani ikutan belajar food photography dan berusaha untuk mendalaminya lebih jauh lagi :D


Event:Home Food Photography - Is A Tiring Job!!Is it??

PS: Menjawab pertanyaan Dita:
• Capek?
Ho oh Dit, melelahkan (Halah...pdhal cuma bgini doang ..gimana yang serius settingan kayak dikau en para Pro's lainnya..hehe). Blum lagi pose duduk dilantai dengan tumpuan di lutut supaya badan menggantikan tripod, kadang bikin kaki ampe kesemutan ga bisa jalan :P
• Kapok?
Nggak kokk.. (masi baru, jadi bisa bilang enggak)..eh serius! kan klo mo pinter ga bole kapok? ya kaan...

Yaaakk, kembali mengintip :P

7 comments:

mae said...

cakep kok mbak fotonya, cakep bangets... tuh udah bikin ngiler en pingin nyomot deh :q

hehe motretnya sama2 pake kursi ya !

Ervita said...

Saluut...dg peralatan yg (katanya) "seadanya" bisa menghasilkan foto ala studio....ajarin dong...

MAMAPINDI said...

@Mae: waaah makasih ya..baru belajar kok..malahan foto Mae bagus-bagus dan lebih serius lagi karena udah pakai setting2an .. eh iya kita pecinta 'studio' kursi nih ternyata haha :D

@Ervita: waduuhh makasi Vita hihi..Foto2 di Blog-mu juga bagus2 loh!!! Hayooo.. Kyknya malahan aku yang musti minta di ajarin nih..hehe :D

Dita said...

Fin, makiannya kurang tuh :D...hahahaha.....gak lahhh kita pan sama-sama belajar.

Si Rini said...

wow...wow..wow...

ga sangka foto sekeren ini diambil diatas kursi lipet (bu.. kursi putih begini kok ga cepet kusam ya ?? dirimu rajin ngelap2 ya?)

Pake cahaya matahari di depan pager lagi..

Idem....
Pengagum hasil foto2 nya Dita juga

MAMAPINDI said...

@ Dita: hahaha.. hmmmm kalo '&%##**$# 'alias maki-makian kayaknya klo bikin kue yg gatot mulu Dit.. hehe Poollll deh tuh makian-nya :P

@ Si Rini: Aduh makasih, ini kebetulan cahaya sore bersahabat karena di filter sama 'softbox' (si pager ituh hehe) jd efeknya menipu haha padahal kursi doang :P.. Ini kursi aku punya 4 biji Rin, tapi yang dipake cuma 2..Naah yang disimpen (jarang banget dipake) yg lumayanan masi bersih hehe..

Ti said...

Deuh si Ibu ini, kreatip banget...